Kamis, 16 Juni 2016

3 Makanan Favorit Saat Buka Puasa



3 Makanan Favorit Saat Buka Puasa

Hai, assalamualaikum… Wow, panas-panas gini, bulan puasa lagi, kebayang nggak kalau di depan ada semangkuk es buah. Glek! Hehe, sabar ya, puasa nggak melulu masalah makanan. Tapi aku juga masih mau ngebahas makanan, sih. Nggak apa dong, toh bisa untuk alternative pilihan buat ntar buka puasa.
Nah, kalau diamat-amati, makanan favorit kamu apa sih selama bula puasa ini? Mungkin di  bawah ini ada salah satu atau dua kesukaan kamu. 

1.     Gorengan
Hayo, ngaku aja, siapa yang nggak suka gorengan? #ngacung semua. Ini makanan meski kolesterolnya tinggi tetap saja banyak penggemarnya. Apalagi beli di pinggir jalan dan masih mengepul. Pake antripun kita akan sabar menunggu. Iya apa iya? Hehe.                                                

Mendoan, tahu isi, bakwan, gembrot laris manis deh. Kalau goreng sendiri sih jelas terjamin kebersihannya. Kalau beli? Nggak mungkin kan kita ngecek minyak gorengnya, sudah berapa kali pakai, ya? Kadang, di wajan warnanya sudah menghitam, hii…
Tapi beneran, gorengan masih menjadi favorit menjelang buka puasa. Palagi bayangin makan mendoan pakai cabe rawit yang super puedes. Huh hah huh hah, sangat menggugah selera. Kok bisa ya? Jelasnya bisa buka di sini.
Sumber gambar gorengan: http://blog.primera52.co.id

2.    Kolak

Sumber gambar: http://resepaneka.info
                            
Kolak bisa dibuat dari beragam bahan dasar. Bisa pisang aja, atau dicampur pakai ketela, kolang kaling, cao, ketan bahkan roti tawar. Beragam pisang bisa dimasak kolak. Pisang raja, kepok, atau patilan, semuanya enak dimasak kolak tergantung selera. Tapi ya itu, kolak mengandung santan, kolesterol tinggi juga.
3.    Es buah

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org
                               
Es blewah sih yang paling kusuka, untuk lebih jelasnya tentang blewah bisa lihat di sini. Es buah juga bisa dibuat dari berbagai buah dan tambahan bahan lainnya. Dari buah nanas, nangka, kelapa muda dan buah-buahan yang lain. Apalagi dikasih susu kental manis, hemm, enak banget lho. Yang jelas, beragam buah-buahan ini mengandung banyak gizi yang diperlukan bagi tubuh.
Kalau disuruh milih diantara ketiganya, suka semua, sih. Yang perlu diingat, nggak baik makan terlalu kenyang, malah bikin sakit perut. Berhentilah sebelum kekenyangan dan tetap harus hati-hati menjaga kebugaran tubuh. Selamat memasak :)

8 komentar:

  1. gorengan, kolak
    es buah jarang, soalnya aku enggak suka es... hehehe

    BalasHapus
  2. Iya Mbak, kebanyakan es tenggorokan nggak kuat kalo aku :)

    BalasHapus
  3. Paling suka kolak. minimal dalam sepekan harus ada kolak utk menu berbuka :D

    BalasHapus
  4. Dulu awal2 tinggal di Jawa aku sempet heran, koq buka puasa pada seneng pake gorengan? Kan itu makanan berminyak dan panas. Kalo di Medan, makanan berbuka puasa yang ngetop itu aneka kue basah/kue tradisional mbak. Setiap ramadhan muncullah pedagang kue basah dadakan disepanjang jalan.
    Sekarang setelah jadi wong Jowo, terikut juga dgn kebiasaan sini, kalo buka pake gorengan...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho, lidahnya udah mulai terbiasa dengan gorengan ya, Mas Yudi :) hihihi..
      Aku belum pernah ke Medan :D

      Hapus